bukan aviophobia (lagi)


Di tulisan sebelumnya saya pernah menulis tentang aviophobia. Tepatnya dugaan kalau saya termasuk penderita aviophobia. Ternyata benar, dugaan itu salah. Karena sudah hampir seminggu ini saya berada di Tomohon, Sulawesi Utara. Ah, seperti yang saya kira, naik garuda ternyata ga lebih menakutkan dari naik kicir-kicir di dufan atau roller coaster nya trans studio, hehe

Awalnya saya agak ga percaya cerita dosen saya tentang kota ini, tapi setiba di bandara sam ratulangi manado dan selama perjalanan manado-tomohon, saya baru sadar ternyata memang nyata rumornya. Kalau kata dosen saya, belum ke manado kalau belum nyobain 3B. Boelevard, Bubur Manado, dan Babi. Memang benar selama perjalanan manado-tomohon, banyak yang jual kuliner2 babi. Bahkan ada juga kelelawar dan tikus bakar. heu. Oya, yang lebih parah lagi, kata pak supir sebenernya ada 4B, B yang terakhir itu Bibir. duh !

Sampai di tomohon, berasa ada yang ganjil. Kenapa ada gereja dimana-mana, tidak lebih dari 200m jarak antar gereja itu. Bahkan ada yang berhadap-hadapan. Memang disini mayoritas beragama katolik, kata pak supir. Di kota tomohon ini setidaknya ada 2 masjid. Satu di tengah kota, satu lagi di perkampungan jawa. Otomatis adzan pun tidak pernah terdengar dari tempat saya menginap. Jadi seminggu ini ga pernah ke masjid kecuali ketika sholat jumat😦

Uniknya lagi, angkot disini full sound system, jadi kalo ada angkot lewat di depan penginapan hampir selalu terdengar, bukan suara mesinnya, tapi suara speakernya, nyariiing sekalee hehe. Kalau hari minggu, seperti hari ini, benar-benar hari libur. sampai nyari warung makan aja susah. bahkan texas chicken, tempat yang menurut kami paling aman juga ikut tutup.

ahh, tiada kata yang pantas diucap selain hamdallah. bersyukur masih bertempat tinggal di wilayah yang kondusif. gak kebayang betapa kuatnya muslim yang tinggal disini. gak kebayang dai-dai yang sanggup berdakwah disini.

 

One thought on “bukan aviophobia (lagi)

Leave a Reply

