CCTV


Kamu tau apa yang saya lakukan 2 minggu terakhir ini ? Mengamati orang lewat cctv. Hufft. Memang bukan yang pertama. Ini proyek dosen kedua yang saya ikuti. Kalau sebelumnya di Labuan, Banten dengan suasana yang hangat, panas sih maksudnya. Kali ini kami beroperasi di Kamojang, Garut. Sebuah penampakan alam yang rasanya tidak asing lagi. Gunung-gunung berdampingan, sawah ladang terhampar luas. Ya seperti gambar pemandangan ala anak SD. Hawa nya sejuk, pas untuk melupakan sejenak penatnya kesibukan dunia.

Kita kembali ke cctv. Tujuan proyek ini adalah untuk merencanakan kebutuhan pegawai di tahun 2017. Maka yang diperlukan adalah man power planning. Salah satu metode yang dipakai pun sederhana, work sampling. Gunanya untuk menganalisis beban kerja suatu jabatan tertentu. Membosankan memang. Menatap layar laptop, mengamati aktivitas orang 7 jam sehari. Kamera nya pun ada 9 buah yang diletakkan di ruang yang berbeda. Kelakuan orang yang diamati pun berbeda-beda. Ada yang sadar sedang di shooting hingga berusaha menampilkan pekerjaan-pekerjaan terbaiknya. Padahal ketahuan kalau dibuat2, hihi. Ada yang sadar tapi tetap saja tidak peduli kalau sedang diamati, apalagi kalau kameranya saya gerak-gerakan, malah ada yang beraksi narsis di kamera🙂. Dan yang heboh adalah yang tidak sadar kalau ada kamera sedang mengintainya. Mulai dari ngobrol, smsan, main game semuanya terlihat, bahkan ada bapak2 yang buka baju di ruangan setelah senam, waduh2. Untung ga ada wanita muda yang saya amati, hehe.

Di lain pihak, saya maksudnya. Waktu terasa menjadi lebih lambat. Kami pun “bekerja” sambil sambilan. Sambil makan, sambil googling, sambil ngeblog, hehe. Bedanya kalau kami tidak ada yang mengintai. Karena kamilah pengintainya.

Mungkin begini kali ya, suatu hari nanti, saat persidangan seluruh manusia, Allah akan menunjukkan potongan-potongan episode kehidupan kita melalui kamera cctv Nya. Lengkap dari lahir sampai mati. Allah akan menunjukkan ini kamu saat mencuri, ini kamu saat menggunjing temanmu, ini kamu saat sedang berbohong, ini kamu kamu kamu dan semua kamu pemerannya. Hahhh. Alangkah beruntungnya orang yang setiap waktunya digunakan untuk kebaikan. Ia akan bahagia menonton filmnya sendiri.

Nah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s