Seni Melukis


Sebenarnya saya ingin sekali membuat tulisan yang judulnya “skenario kedua”. tapi saya tunda dulu deh. ada bagian yang belum lengkap, hehe. Sekarang saya mau bicara tentang seni melukis. tapi sebelum itu saya jelaskan dulu yang ini.

Saat ini saya bekerja di sebuah perusahaan kontraktor oil & gas, namanya PT Gunanusa Utama Fabricators. Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang engineering, procurement, dan construction anjungan lepas pantai. Mudahnya, perusahaan ini membuat berbagai jenis platform untuk kebutuhan eksplorasi dan ekspoitasi sumber minyak dan gas. Platform itu diantaranya ada platform living quarter, ini seperti tempat tinggal bagi orang-orang yang kerja disana (di offshore atau laut lepas), kemudian ada platform production atau process, ini tempat pengolahan minyak dan gas nya, ada juga welhead platform, kalau ini platform yang langsung nyambung ke sumurnya. Projcet yang berjalan saat ini pertama dari perusahaan Total E&P Indonesie, Sisi Nubi and Peciko Project, yang kedua dari perusahaan Total E&P Myanmar, Yadana Project. Saya terlibat di bagian Sisi Nubi and Peciko Project.

Posisi saya disini sebagai planning engineer atau biasa disebut planner (keren kan ? haha). Ini pas banget karena suatu saat nanti saya akan membuat rumah sakit, yang pastinya pakai primavera juga dalam perencanaannya. tugas utama seorang planner adalah merencanakan, memonitor atau mengontrol, dan mengevaluasi keberjalanan seluruh departemen di dalam project. misalkan, sebuah project sudah ditentukan beberapa completion date nya sesuai kontrak. maka tugas seorang planner adalah memastikan project tersebut selesai tepat waktu. ini tidak semudah membuat rencana untuk naik gunung yang selalu jadi wacana, hehe. karena untuk satu project saja membutuhkan waktu 1-3 tahun.

Nah ceritanya, project sisi nubi ini sedang mengalami masalah. delay. mungkin sudah biasa untuk project dengan skala besar seperti ini. tapi yang jadi masalah adalah hal ini dikarenakan oleh perusahaan subcont Gunanusa, yaitu Worley Parson. Kontaktor spesial engineering. delay ini asal nya dari mereka, sehingga menghambat proses procurement dan contruction Gunanusa. akibatnya, bang Total yang mempresure Gunanusa. dan Gunanusa melampiaskannya ke Worley, haha.

Planner yang terlibat di Sisi Nubi ini ada 2 orang, pak husni di yard dan mba agung di kantor. yang sering meeting dengan company (Total) ya yang di kantor. jelas mba agung kewalahan dengan bule-bule itu🙂. oh ya mba agung ini mentor saya. kalau kata orang-orang di kantor, mba agung termasuk perempuan yang punya daya tahan tinggi. berkali-kali diceramahin sama bule perancis, dia tetep aja bertahan. padahal, kalau cerita ke saya sebenernya dia udah mau sign out karena ga ada yang bantuin, haha. Ohya, manager kami namanya pak Bambang. you know? ada 5 nama Bambang disini, ditambah saya jadi 6🙂. Jadi masing-masing dipanggil nama belakangnya atau inisialnya aja. pak Bambang ini punya jurus yang hebat. Beliau suka tertidur. Ceritanya jumat kemarin, saya, mba agung, dan pak bambang meeting bertiga. beliau menanyakan progress. namun, di tengah penjelasan dari mba agung, saya lihat tiba-tiba saja pak bambang tertidur. saya langsung melihat ke mba agung dengan penuh tanya. “sstt.. jangan heran dengan jurus tidur pak bambang”. hahaha. ada-ada saja. hebatnya, begitu terbangun, pak Bambang bisa langsung connect lagi bahkan memberikan ide. luar biasa.

Sekarang kita masuk ke seni melukis. jadi kemarin ketika meeting. kami menemukan ada kejanggalan dari record man hours di yard. Naik turun man hours tidak wajar. pada satu hari ia normal, namun pada hari lain tiba-tiba turun cukup drastis. ini kan tidak normal. karena kalau begitu kemungkinannya ada dua. pertama, banyak pekerja yang bolos pada hari itu. kedua, ada beberapa man power yang tidak ter-record. maka pak Bambang menanyakan hal ini kepada orang yang bertanggung jawab dalam record men-record. kenapa bisa begini dan begitu. namun jawabannya, kemungkinan ada yang tidak ter-record pak, semua data sudah kami masukan.

“Wah, susah, ini ga bisa dipertanggung jawabkan, grafiknya jadi ga normal.”, kata pak bambang.

“jadi perlu kita lukis pak ?”, jawab mba agung.

saya yang masih lugu bertanya-tanya dalam hati, dilukis gimana ya maksudnya. Pak bambang yang sepertinya membaca pikiran saya langsung menjelaskan.

“jadi seorang planner itu harus pandai melukis mbang, jiwa seni melukisnya harus tinggi ! ini kita perlukan supaya ramalan ke depan bisa masuk akal. karena sebenarnya man power nya itu ada, hanya saja tidak direcord. mungkin karena mereka lupa absen saat pulang. jadi kita harus pintar-pintar bisa memperkirakannya”

ohh.. saya pikir grafiknya dicoret-coret dengan gambar anak tk🙂

Hufft. ketemu lagi yang begini.

Ya Allah, jauhkanlah hambamu ini dari segala yang Engkau haramkan.

Ada dua hal yang masih membuat saya betah disini. Pertama, karena perusahaan ini asli milik anak bangsa, 99% pekerjanya adalah orang indonesia. pendirinya pak iman taufik alumni fisika teknik itb. kedua, disini orangnya sholeh-sholeh. sebagian besar laki-laki, terlihat sekali wajah-wajah bekas sholatnya. bahkan admin sistem informasinya sering ngirimin tausiyah ke semua akun🙂.

2 thoughts on “Seni Melukis

Leave a Reply

