Bimaristan: Rumah Sakit dalam Sejarah Islam


Pengen punya Bimaristan ! *_*

Muhammad Amin

Kata Bimaristan—berasal dari Persia—memiliki arti yang sama dengan rumah sakit (hospital), Bimar berarti penyakit (desease) dan stan berarti lokasi atau tempat.

Meski diketahui bahwa Nabi Muhammad saw. adalah orang pertama yang memerintahkan pembentukan mobile Bimaristan untuk militer, dan Rufaydah adalah perawat muslim pertama yang merawat para muslim yang terluka di tenda berjalan, Noushirawi dalam bukunya Islamic Bimaristans in the Middle Ages menyebutkan bahwa Bimaristan pertama didirikan di Damaskus oleh al-Walid bin Abd el-Malik tahun 86 H (707 M). Tujuan didirikannya adalah untuk mengobati pasien dan merawat pasien kronis (seperti kusta, buta, dsb). Penderita kusta mendapat perawatan cuma-cuma dan diberi uang. Bimaristan tersebut memiliki lebih dari satu dokter. Jelas bahwa Noushirawy mengadopsi apa yang disebutkan dalam al-Kamel fi‘l-tarikh karya Ibn al-Athir khususnya dalam poin ini.

Sistem pada Bimaristan

Mereka yang akan mendirikan suatu institusi harus menetapkan sebuah sistem administratif atau teknikal yang harus dipatuhi. Tentunya para…

View original post 1,519 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s