Karnivora


Salah satu anak SMA peserta tawuran ditanya :

“apa alasan kamu ikut tawuran ??”

terus jawabannya apa coba ?

“karena saya merasa sangat puas ketika memukul atau membunuh lawan !”

Kira2 begitu cuplikan diskusi radio mqfm tadi pagi.

mengerikan kan ? pada kemana naluri manusia nya coba ?

*eh, emang naluri manusia gimana sih ? haha ntar cari2 deh

tapi kalau di AlQuran banyak sekali ayat2 yang mengatakan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi atau Allah tidak menyukai orang2 yang berbuat kerusakan.

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (TQS Al Qashash 77)

Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi. (TQS Al Maidah 32) 

Dan janganlah kamu merugikan manusia pada hak-haknya dan janganlah kamu merajalela di muka bumi dengan membuat kerusakan (TQS Asy Syu’araa 183)

Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. (TQS Al A’raaf 56)

dan masih banyak lagi ayat-ayat lainnya.

apa ini tandanya bahwa manusia itu memang cenderung untuk berbuat kerusakan ya ?

hmm. maybe.

bahkan sebelum penciptaan manusia pun, malaikat sudah mengkhawatirkannya.

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (TQS Al Baqarah 30)

Benar sekali. Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang tidak kita ketahui.

kita kembali ke radio tadi.

salah seorang narasumber mengatakan bahwa kecenderungan siswa SMA untuk berbuat “buas” seperti mungkin juga disebabkan oleh faktor makanan.

*wow, sambil salto belakang🙂

kok bisa ?

coba aja kita lihat jenis makanan yang dimakan oleh sebagian besar siswa dari SD sampai SMA, atau bahkan mahasiswwa dan para orang tua juga.

kalau nggak ada menu daging ayam, kambing, sapi hampir dipastikan, terutama anak2, nggak mau makan. apalagi kalau sudah melihat ijo-ijo sayuran. langsung alergi. termasuk saya juga sih. hehe

nah itulah sebabnya kenapa siswa-siswa itu cenderung “buas”, karena dari kecil (maybe) mereka sudah terbiasa makan daging setiap hari. maka jadilah mereka karnivora yang memang cenderung buas. padahal, kata narasumber lain, kalau dilihat dari bentuk rahang manusia, seharusnya manusia itu herbivora dan cenderung tidak “buas”.

*eh om, saya juga ga suka sayuran dan suka makan daging, tapi saya gak buas buas amat, saya juga orangnya penyayang kok (haha)

jadi intinya, mari kita banyak-banyak makan sayur biar ga jadi karnivora dan buas. seimbanginlah ya antara daging dan buah-buahan. ga asik juga kalau cuma makan sayur doang. kita kan juga omnivora, hehe

*ga tau itu narasumber ngomong berdasarkan penelitian atau ngga, yang jelas ambil positifnya aja.

mungkin ada temen2 yang lebih tau ??

*btw, itu gambarnya kurang buas ya ? haha

kerusakan.

6 thoughts on “Karnivora

  1. cek..cek..*ceritanyalagikunjunganbalik*
    wah,tentang nutrisi..jadi gatel buat ngomen..

    hmm,
    you are what you eat..
    apa yang kita makan memang sangat berpengaruh pada karakter kita.

    kalo liat hewan yang karnivora (pemakan daging) kayak macan, serigala,dsb, karakter hewan2 tsb buas, suka menguasai mahkluk lain dan cenderung individualis..

    nah kalo liat hewan yang herbivora (pemakan tumbuhan) kayak sapi,kambing,dsb,
    karakter mereka cenderung tenang, mudah diatur (jinak), dan banyak memberi manfaat bagi manusia

    dan hal itu pun berlaku pada manusia ternyata.
    kalo banyak makan daging (kayak yang antum sebutin di atas) emang karakternya bisa cenderung jadi “buas”, tapi kalo banyak makan sayur bisa cenderung lebih tenang..

    kok bisa?

    iya, soalnya kan protein hewani itu banyak mengandung protein dan kolesterol yang strukturnya mirip sama yang dimiliki manusia, dan kemudian protein dan kolesterol itu akan diubah menjadi hormon didalam tubuh manusia. Nah, jadilah manusia tersebut kelebihan hormon, hal ini bisa bikin kondisi psikologi seseorang menjadi bersifat tergesa-gesa, melampaui batas, gemar memperturutkan hawa nafsu,dsb..
    jadi “budak hormon” >.<

    gitu..
    oia,terus ada yang menarik

    "Maka hendaklah manusia memperhatikan makanannya. Sesungguhnya Kami benar-benar telah mencurahkan air (dari langit) kemudian kami belah bumi sebaik-baiknya. lalu kami tumbuhkan biji-bijian di bumi itu, anggur dan sayuran. Zaitun dan pohon kurma. Kebun-kebun yang lebat. dan buah-buahan serta rumput-rumputan untuk kesenanganmu dan untuk binatang-binatang ternakmu" (Q.S 'Abasa 24-32)

    Pada ayat di atas Allah menyebutkan "nutrisi nabati" lebih dominan dibanding penyebutan "nutrisi hewani"
    mungkin salah satu hikmahnya agar kita lebih banyak menyantap nutrisi naati dibanding hewani.

    wew..jd panjang..
    ya kira2 gitu deh..
    wallahua'lam .

    *oia kalo mau yang sehat,lezat, dan dominan nutrisi nabati bisa dipesen juga lho ke NUTRITIAFLAVA,haha sekalian promosi

    • widih.. kasih standing applause dulu //0\\

      itu nutritiaflava nya dibuat toko aja lin, kayak zulfataste deket kosan, kayaknya konsepnya mirip2 punya antm, ada sehat2nya gitu, padahal tetep aja bisa bikin gemuk (yaiyalah)

      • emoticonnya kayak orang lagi nutup mata -_-a
        zulfataste?? punya nadiah zulfa??
        jual apa mereka? *menciumbaukompetitorhaha*

        *eh,blognya jamnya salah,yak? dasar aneh

  2. ga tau, kali aja punya nadiah, haha
    ya jualan cake cake kayak antm juga, tp udah ada yg dijualin pake motor gitu

    emang blog ini punya jam gitu ?
    biarin aja, waktu itu emng relatif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s