Sedekah 5rb, dapet 500rb, mau ?


Hari ini ada cerita menarik. Rezeki itu memang datang dari arah yang tidak diduga-duga.

Tadi siang saya diminta lagi untuk nemenin Om Toha (masih ada hubungan keluarga, walaupun agak jauh) nyari buku referensi buat thesis nya setelah sebelumnya sudah keliling2 bareng  nyari kosan anaknya yang baru diterima di ITB. Buku yang dicari tentang AHP (analytical hierarchi process), kebetulan saya pernah juga belajar ini di kuliah Analisis Keputusan Pak Kadarsah. Jadilah tempat pertama untuk nyarinya di perpustakaan TI, kayaknya pernah liat deh bukunya. Tapi ternyata setelah dicari berkali2 pake mesin pencari disana gak ketemu juga. Agak susah memang kalau nyari buku ber-bahasa Indonesia disini. Karena sudah dekat waktu sholat jumat, akhirnya saya menyerah.

Setelah sholat jumat, janjian lagi sama Om untuk nyari di luar. Karena saya jarang beli buku kuliah (biasanya pinjem sih, hehe), jadi tempat yang saya rekomendasikan cuma tiga : Dunia Baru, Elvira, sm Pala Sari. Sebenernya Om sudah diberitahu temannya untuk beli di toko online di daerah cigadung, tapi karena belum jelas juga itu toko apa namanya, akhirnya dijadikan pilihan terakhir. Sebelum nyari lagi, tante (istrinya Om) ngajak makan siang dulu, kayaknya emang udah pada kecapean mereka, sudah hampir satu minggu keliling2 bandung. Yaudah biar deket ke Dunia Baru, saya ajak makan di bebek garang aja deket rektorat. Setelah makan, saya dan Om jalan kaki ke dunia baru, biasanya sih disini lumayan lengkap. Saya kasih judul bukunya ke mas yang jaga, dibaca agak lama, terus bilang “tunggu sebentar ya, saya ambilkan dlu”. Wah, kayaknya ada nih om. Berharap begitu juga karena melihat mas yang tadi bawa dua buku, si Om langsung mendekat ngambil bukunya. Dan ternyata, “yah bahasa inggris, om udah punya ebooknya”. Daripada nanti gak dapet sama sekali, akhirnya buku itu dibeli aja sama Om.

Melihat wajah si Om agak kecewa, saya langsung nanya ke mas yang jaga tadi, “mas kira2 kalau buku terjemahannya ada dimana ya ?” “di Pala Sari kayaknya ada dek”, kata mas nya. Waduh jauh juga kalau mau kesana, apalagi naek mobil jadi macet, bisa sampe sejam lebih. Belum lagi saya agak lupa jalannya, haha. Kami putuskan untuk nyari di Cigadung dulu, menurut temennya si Om, bukunya ada disana. Nggak sulit2 amat nyarinya karena saya memang ngekos di Cigadung. Pas saya tanya juga, si Om ternyata gak tau nama tokonya apa, cuma ada alamatnya doang. Lewat jalan cigadung raya timur, terus cigadung raya tengah, dan berhenti di no 67. Tapi anehnya kok ‘plang’ yang ada di depan rumah itu bertuliskan Warnet ya. Wah ternyata itu cuma kantor nya aja, kata pemilik rumah itu. “Biasanya orangnya ada disini, tapi tadi habis sholat jumat langsung keluar lagi.” Coba ditelpon tapi gak nyambung juga hp nya.

Yaudahlah, kata si Om, nanti aja nyarinya, tanggal 30 nanti kan kesini lagi. Sore ini harus siap2 dulu untuk pulang nanti malem, sama nganter rahma dulu ke tempat temennya. Saya ngikut aja deh, karena gak tau kenapa memang perut saya mual lagi kayak sakit sebulan yang lalu, jad pengen muntah2, tapi saya tahan karena gak enak sama Om nya, hehe.

Sampe di ITB lagi pas adzan ashar, jadi sholatnya di Salman aja. Di jalan menuju salman, sempet ngobrol2 lagi tentang kuliah, terus tiba-tiba Om nya bilang, “titip Rahma ya Bang, maklum dia belum pernah pisah sama orang tua” terus Rahmanya bilang, “kok Rahma dititipin kemana2 sih Pak?”, “Ya biar banyak yang ngawasin kamu”, kata si Om. “iya Om, tenang aja”, Saya jawab singkat aja karena masih nahan perut yang mual. Terus tiba2 si Om masukin tangannya ke kantong jaket saya yang kebetulan tangan saya ada di dalem, waduh nih si Om kenapa, dalam hati saya. Gak tau nya beliau ngasih lembaran kertas gitu. Uang nih kayaknya, “eh jangan Om, saya gak enak..”, langsung aja dipotong sama tante yang jalan di belakang, “gak papa mbang, buat jajan”. Karena tangan saya ditahan sama si Om, yaudah deh diterima aja, lumayan buat kuliner (karena saya kira emang cukup untuk sekali kuliner aja), hehe

Karena penasaran juga, di tempat wudhu nanti pengen saya liat ah, jangan2 kertas catatan yang isinya SOP untuk ngawasin Rahma, haha.. Agak kaget juga ternyata isi di kantong jaket saya 500rb. Wah pas banget ini, saya emang lagi butuh uang segini, hehe langsung nyengir2 sendiri di tempat wudhu, mual nya ilang, haha, alhamdulillah..

Setelah saya pikir, kok bisa ya? gak geledek gak ada tsunami, tiba2 dapet duit 500rb. setelah saya ingat2 hari ini ngapain aja, oh iya ternyata tadi pagi saya ngasih uang 5rb ke Bapak2 yang udah tua banget, jadi gak tega ngeliatnya, tanpa pikir panjang saya kasih aja 5rb (agak berat juga sih, pelit amat Bang !), karena biasanya kalau ngasih pengemis dijalan itu 2rb, biar dapet semua pengemisnya, hehe.

MasyaAllah, ternyata Allah menggantinya dengan 100x lipat. Wah tau gini, coba tadi pagi ngasih 50rb, bisa dapet 5 juta, haha

Jadi keinget buku Notes From Qatar, kisahnya Muhammad Assad.

“Barang siapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya (TQS Al An’am 60)”

Kata Assad ini minimalnya lho 10x lipat, bisa sampe 700x lipat.

 “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran).” (TQS Al Baqarah 261)

Jadi, jangan ragu2 untuk sedekah ya !, dijamin harta kita gak akan berkurang. kalau kata Assad, rumus orang sukses itu ada tiga : Qiyamul Lail, sholat Dhuha, dan Sedekah.

dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Tidak berkurang harta karena bersedekah, dan tiada seseorang yang memaafkan suatu kezaliman melainkan Allah swt menambahkan kemuliaan, dan tiada seseorang yang tawaddu’ karena Allah swt, melainkan Allah akan menaikkan derajatnya.” 

4 thoughts on “Sedekah 5rb, dapet 500rb, mau ?

Leave a Reply

