Saat Harus Mendahulukan Berbakti Kepada Orang Tua


Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. (TQS Luqman 14-15)

Barangsiapa yg suka dipanjangkan usianya dan ditambahkan rezekinya, hendaknya berbakti kepada kedua orang tuanya dan menyambung tali persaudaraan. (HR Imam Ahmad dr Anas ra)

Orang tua adalah pintu surga tertinggi (hr Ahmad, al hakim, sanad sahih)

 

Saat harus mendahulukan berbakti kepada orang tua :

  1. Mendahulukan berbakti kepada kedua orang tua dibandingkan berjihad di jalan Allah. Jahimah ra datang kepada Nabi saw dan berkata, sesungguhnya aku ingin pergi berperang. Aku datang untuk bermusyawarah dengan engkau.beliau menjawab, apakah kamu masih mempunyai ibu ? dia jawab, Ya. Beliau bersabda, berbaktilah kepada ibumu, karena sesungguhnyasurga itu berada di bawah telapak kakinya.
  2. Mendahulukan berbakti kepada kedua orang tua dibandingkan istri dan teman-teman. Diriwayatkan oleh imam ahmad dan Nasa’i serta disahihkan oleh Al Hakim dr Aisyah ra bahwa ia berkata : Aku bertanya kepada Nabi saw, siapa orang yang memiliki hak paling besar terhadap seorang wanita ? Beliau menjawab, Suaminya. Aku bertanya lagi, Kalau laki-laki ? Beliau menjawab, Ibunya.
  3. Mendahulukan berbakti kepada kedua orang tua dibandingkan ibadah haji.
  4. Mendahulukan berbakti kepada kedua orang tua dibandingkan mengunjungi Rasulullah.
  5. Mendahulukan berbakti kepada kedua orang tua dibandingkan anak-anak
  6. Mendahulukan berbakti kepada Ibu dibandingkan beribadah sunnah
  7. Mendahulukan berbakti kepada kedua orang tua dibandingkan berhijrah di jalan Allah

[Prophetic Parenting)

 

 

2 thoughts on “Saat Harus Mendahulukan Berbakti Kepada Orang Tua

  1. “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu-bapakmu dengan sebaik-baiknya”
    (Qs al-Isra’ : 23)
    Dalam berbakti, kadang timbul kebingungan, mana yang harus didahulukan, tetapi bila keimanan adalah landasan, semua menjadi jelas. mahabah dan mawadah kepada Allah, Rasul-Nya, dan jihad fi sabilillah adalah prioritas pertama. Setelah itu, yang menempati prioritas paling utama di dunia adalah orang tua. Birrul walidain adalah wujud ketaatan dan kecintaan seseorang kepada Allah dan RasulNya. Ketika prioritas itu dilandasi mahabatullah, ikhlas meraih ridhaNya, Allah tidak akan menyia-nyiakan amalannya, dikabulkan do’anya, dan dimudahkan urusannya.

    Dari Abu Hurairah bertanya, “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang lebih berhak kubaktikan dengan baik?” Rasul menjawab, “Ibumu”, jawab Rasul, “Lalu siapa lagi?”, “Ibumu”, jawab Rasul. “Kemudian siapa?” Rasul menjawab, “Ibumu,” Ia kembali bertanya, “Lantas siapa lagi?” Rasul menjawab, “Ayahmu”
    (HR Bukhari-Muslim)

    Dalam berbakti, Allah dan Rasul mengutamakan ibu atas ayah. Mengapa bakti ibu lebih utama? Islam memberikan penghormatan karena kedekatan perasaan ibu terhadap anaknya. ibu lebih baik dalam merawat dan mengasuh anaknya daripada seorang ayah. Bentuk lain penghormatan agung terhadap ibu adalah ibu (perempuan) lebih berhak atas anak laki-lakinya, meski ia telah menikah.

    Dari ‘Aisyah r.a. bertanya kepada Rasulullah SAW “Siapakah yang paling berhak atas seorang wanita?” Rasul menjawab, “Suaminya.” “Dan siapa yang paling berhak atas suami?”. Rasul menjawab “Ibunya”
    (HR Hakim dan al-Bazzar, hadits hasan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s