Iblis, Setan, Jin, Apa bedanya ?


Kenapa judulnya ini ?

Mungkin bagi sebagian orang, tulisan ini akan sangat berbau mistik… hehe

Apa karena saya sudah beralih profesikah ?

Ya nggaklah..

Jadi begini saudara2, waktu saya pulang pulang ke Lampung kemaren. Dengerin cerita temen yang baru berkeluarga, katanya baru diganggu jin. jadilah saya penasaran dengan makhluk Allah yang satu ini. Langsung aja saya beli tiga buku :

1. Ruqyah, Buku rujukan utama di timur tengah seputar jin. Wahid Abdussalam Bali (pakar dunia ghaib dari timur tengah)

2. Menguak Misteri Alam Ghaib. Imam Jalaludin As Suyuthi

3. Menelanjangi Strategi Jin. Aam Amirudin.

Buku pertama dan ketiga habis saya lahap dalam waktu 3 hari. haha.. saking penasaran..

Berbicara tentang jin, setan, atau iblis, kita harus berhati-hati dan harus bener-bener tau ilmunya berdasarkan nash Al Quran dan Al hadits. karena kalu tidak, kita bisa terjerumus ke dalam syirik.

Ada yang tau bedanya Jin, Setan, dan Iblis ??

sebelum kesana, kita harus pahami ini dulu. bahwa segala sesuatu yang ghaib, baik makhluk ghaib (jin, malaikat, dkk) maupun alam ghaib (padang masyar dkk) harus kita yakini keberadaannya.

“alif lam mim. kita (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang endirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka..” (Al Baqarah 1-3)

Allah menciptakan jin dari api (Ar Rahman 15), Malaikat dari cahaya, dan manusia dari tanah. Inilah tiga makhluk secara garis besar yang Allah ciptakan. Dan manusia memiliki derajat yang paling tinggi.

Lalu, apa bedanya jin, iblis, dan setan ? pada hakikatnya sama. Iblis itu merupakan jin yang durhaka kepada Allah (masih ingatkan kisah di Al Quran tentang pengusiran iblis ini dari surga?). Atau bisa juga disebut setan yang berasal dari golongan jin. jadi yang namanya setan itu bukan makhluk, tetapi sifat. Makanya setan tidak hanya berasal dari golongan jin, tapi juga dari golongan manusia (QS An Naas). berarti jin ada yang gak durhaka sama Allah dong ? yups, betul sekali. bangsa jin juga sama seperti manusia, ada yang kafir dan ada yang muslim. mereka juga mempunyai agama seperti manusia, islam, nasrani, dan yahudi (tapi saya belum nemu dalil ada jin budha atau hindu, mungkin vampir cina termasuk, haha).

Jin itu ada tiga macam. sesuai sabda rasulullah, “jin ada tiga macam. pertama, jin yang mempunyai sayap, mereka bisa terbang di udara. kedua, jin berupa ular-ular dan kalajengking. dan ketiga, jin yang bertempat tinggal dan pindah-pindah serta berpetualang.” (HR Thabrani dan Hakim)

jin yang pertama, contohnya jin ifrit. jin ini yang paling sakti dan canggih. dia bisa terbang dan pindah tempat sekejap mata.

Jin yang kedua merupakan jin yang suka berubah bentuk. pada dasarnya semua jin bisa mengubah dan menyerupai sesuatu. diantaranya hewan dan manusia. tapi ingat, jin tidak bisa mengubah rupanya dengan kekuatannya sendiri. Al Qadhi Abu Ya’la, Muhammad bin Husein bin Fara’ berkata, sebenarnya setan2 tidak mempunyai kemampuan untuk mengubah wujud mereka, mereka hanya diajarkan Allah beberapa kalimat dan beberapa amalan. jika mereka mengamalkan dan mengucapkan kalimat itu, maka Allah yang akan mengubah wujudnya ke bentuk lain.

jadi mesti hati2 nih kalau ketemu ular atau kalajengking di rumah, jangan langsung dibunuh. karena mungkin saja itu jin. rasulullah mengajarkan kita untuk memperingatkan dulu si ular itu, kalau sampai 3 hari belum pergi juga, baru boleh dibunuh. tapi kalau udah mengancam nyawa kita sebelum 3 hari, ya dibunuh aja.

mereka juga bisa menyerupai manusia lho. jadi kalau ada yang pernah liat orang atau anak kecil tapi tiba2 ilang, itu berarti yang diliat jin. banyak sekali orang yang percaya bahwa roh orang yang sudah mati itu bisa bergentayangan. ini merupakan pengetahuan yang tidak berdasar. menurut Wahid Abdusssalam dan juga Aam Amirudin, belum pernah ada dalil yang menyebutkan bahwa roh orang yang sudah meninggal itu bisa bergentayangan. Itu rahasia Allah dan hanya Allah saja yang tau. di tv banyak banget kan program2 yang kayak gitu. yang jadi korban ya anak2 kecil, bahkan juga orang dewasa, jadi pada penakut semua..

Nah, jin yang jenis ketiga. ini yang gangguin manusia dan kadang merasuk ke tubuh manusia. makanya kita kenal dengan kesurupan. mungkin kalau dari sudut pandang dunia kedokteran, akan beranggapan lain. tapi ya sekali lagi, sebagai seorang muslim, walaupun dokter, tetap harus kita yakini tentang keberadaan jin ini. rasulullah juga mengajarkan kita untuk mengatasi kesurupan atau gangguan jin ini. caranya dengan Ruqyah.

di bukunya syekh Wahid, ada 3 jenis ruqyah. pertama ruqyah dengan menggunakan mantra2 selain Al Quran. ini tidak boleh. karena pelakunya akan terjerat syirik. kedua, ruqyah dengan cara meminta bantuan kepada jin, atau mengeluarkan jin dari tubuh orang yang kesurupan dengan menggunakan jin juga. ini juga tidak boleh. Ruqyah yang syar’i adalah yang ketiga, yaitu Ruqyah dengan menggunakan ayat-ayat Al Quran yang diajarkan oleh Rasulullah.

Oh ya, jin juga menikah dan berketurunan lho (QS Al Kahfi 50). sehingga jin juga mempunyai jenis kelamin, ada yang laki-laki dan ada yang perempuan. jin juga makan dan minum seperti manusia. kata rasulullah, makanan jin itu tulang dan kotoran hewan. makanya ketika kita kita buang air besar, rasulullah melarang kita untuk bersuci dengan menggunakan kedua benda itu. karena merupakan makanan saudara2 kita dari bangsa jin.

Perlu diketahui juga bahwa rasulullah itu itu diutus bukan hanya untuk umat manusia saja, tapi juga untuk bangsa jin. pernah ada riwayat yang menceritakan bahwa rasulullah pernah mengajak beberapa jin di padang pasir untuk berislam.

Jin itu takut juga kepada manusia. Ibnu Abid Dunya meriwayatkan bahwa Mujahid berkata, “setan lebih takut kepada kalian daripada rasa takut kalian kepada mereka. jika dia muncul di hadapan kalian, janganlah kalian merasa takut kepadanya, karena jika kalian atakut, dia akan mampu menguasai kalian. tetapi hampirilah dia, karena dia akan pergi.”

jadi jangan takut lagi, kalo tiba2 mereka muncul, kita datengin aja. tapi masalahnya mereka kadang muncul dengan bentuk yang menyeramkan sehingga membuat kita lebih takut, haha.. ya pokoknya kalo mereka ganggu kita, kita hampirin aja.

Wah panjanglah pokoknya kalau ditulis semua tentang jin… mending kita diskusi aja.

Oh satu lagi, sebenernya ini yang harus sangat amat kita waspadai. Bahwa yang namanya iblis atau setan dari golongan jin itu, mempunyai visi yang besar. Yaitu menjauhkan semua keturunan nabi adam alias manusia dari Allah swt. Untuk mencapai visinya ini, setan mempunyai beberapa strategi (lain kali saya tulis insyaAllah). Intinya mereka akan melakukan apa saja untuk menjerumuskan manusia bahkan dengan cara yang sangat halus sampai2 manusia tidak menyadarinya. Pernah denger yang namanya Qarin ? itu namanya jin yang mendampingi manusia. Bahwa Allah telah menciptakan pendamping bagi manusia, satu dari jin dan satu dari malaikat, begitu kata rasulullah. Kalau Qarin nya rasulullah, sudah masuk islam, sehingga dia menyeru kepada kebaikan. Yang jadi masalah adalah Qarin yang mendampingi kita ini muslim atau kafir. Asumsikan saja kafir. maka ia akan selalu menjerumuskan kita kepada kebatilan, hingga kita jauh dari Allah dan menyekutukanNya.

Pernah gak ngerasa kalau kita lagi melakukan kebaikan, misalnya kuliah, tiba2 aja jadi ngantuk.. pernah gak ketika kita ingin menghadiri suatu pertemuan, tiba2 saja kita menunda2 jam berangkat karena berpikir yang lain juga akan telat. atau pernah gak ketika kita mau shalat shubuh, rasanya maleeesss banget buat bangun ? padahal malemnya udah diniatin mau tahajud. ketahuilah bahwa semua itu merupakan godain setan, mereka yang membisikkannya kepada kita rasa malas dan pikiran2 negatif lainnya. jadi waspadalah, waspadalah !!

Mulai sekarang nyatakan perang yang sebenar2nya kepada semua setan !

karena sesunggunhya setan itu musuh yang nyata..

Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan: “Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya. Sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu mencerca aku akan tetapi cercalah dirimu sendiri. Aku sekali-kali tidak dapat menolongmu dan kamupun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu.” Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksaan yang pedih. (QS Ibrahim 22)

20 thoughts on “Iblis, Setan, Jin, Apa bedanya ?

  1. Nice post bam. Saya lagi nyari2 yg masalah tulang itu. Oo tyt krn makanannya saudara jin.
    Jin itu makhluk, setan itu sifat, jin+setan = iblis.
    Btw jenis ke-3 yg suka merasuki manusia, namanya jin petualang? Luar biasa konotasi yg diberikan.. Ckck.
    Kalo mau ngajak qarin kita masuk Islam sekiranya dia kafir gmana ya? Mau ngajak sholat bareng.

  2. waah, kak bambang izin nyimak ya (udah selesai deng ) ^^ oh gituu ternyata. ilmu baru >,<
    eh , kalau jin itu bisa mati ga ya kak ?

    oh iya, RT dikit ya
    "jin yang pertama, contohnya jin ifrit. jin ini yang paling sakti dan canggih. dia bisa terbang dan pindah tempat sekejap mata. dia juga pernah membawakan singgasananya nabi sulaiman sebelum mata nabi sulaiman berkedip."

    kayaknya ada yang kurang tepat deh kak ceritanya disini. coba kita cek qur'annya ya :
    An-Naml:
    [38. Berkata Sulaiman: “Hai pembesar-pembesar, siapakah di antara kamu sekalian yang sanggup membawa singgasananya kepadaku sebelum mereka datang kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri."
    39. Berkata ‘Ifrit dari golongan jin: “Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgsana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu; sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi dapat dipercaya.”
    40. Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari AI Kitab: “Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip.” Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: “Ini termasuk kurnia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). Dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia.” ]

    jin ifrit memang sakti dan canggih, tapi untuk cerita sulaiman, dia menawarkan diri untuk mindahin singgasana Ratu Balqis. tapi yang mindahin pada akhirnya bukan dia, tapi manusia. hehe (ahli kitab)🙂
    CMIIW

    makasih kak ^^ tulisannya bagus .

    • Kalau berdasrkan smber yg kk baca, jin punya umur dan relatif lebih panjang dr manusia dan mereka juga bisa mati, kecuali iblis yg di zaman nabi adam.

      Oh iya, yg bener ahli kitab bukan jin ifrit, wktu itu udh diksh tw temen tp lupa direvisi. mksh devy..

  3. Kak Bambang, izin menyimak dan bertanya,
    adik2 mentee saya banyak bertanya tentang jin, salah satunya,
    kan jin itu ada yang islam ada yang kafir kak, kalo mereka seperti manusia diberi pilihan mau Islam atau kafir berarti mereka juga dilengkapi dengan akal, fikiran, dan nafsu seperti manusia ya kak? Kenapa manusia tetap lebih mulia dari mereka?

    • amizarra, maaf banget baru dibales.
      punten kk juga kurang tau jawabannya. Udah kk cek di tiga buku tentang jin yg kk baca, ga ada yang ngejelasin tentang itu..

  4. Assalammualaikum Wr.Wb.

    Jelasnya Syaitan itu bukanlah Makhluk, Syaitan adalah perbuatan yang dilakukan oleh manusia dan jin yang melanggar aturan/ketentuan Allah SWT. Jadi syaitan itu merupakan akhlak yang tidak baik (nafsu membangkang/ingkar) yang ada apa diri masing-masing manusia dan jin. Bukankan penciptaan Allah itu berpasang-pasangan, ada nafsu baik, taat dan patuh dan ada nafsu jelek, akhlak tdk baik dan membangkang.
    maka yang perlu kita perangi setiap saat adalah nafsu tidak patuh dan ingkar (syaitan) terhadap Allah SWT dan Rasulnya. Syaitan (nafsu jelek) adalah gelar yang diberikan oleh Allah SWT bagi setiap manusia dan jin yang tidak taat dan patuh terdapat aturan/ketentuan Allah dan Rasulnya. Makanya kita setiap saat sangat dianjurkan untuk selalu memohon perlindungan/pertolongan dari godaan syaitan (nafsu jelek) yang sangat dahsyat yang menjerumuskan manusia dan jin ke perbuatan yang sangat keji dan sadis. doa (beberapa potongan Ayat) tersebut telah diajarkan Allah kepada Adam AS, yaitu : ‘Audzubillahi minas syaitan nirajiim dilanjuti dgn basmallah. dengan demikian kita tetap dalam lindungan Allah dari perbuatan yang ingkar yang datang dari diri kita maupun dari luar, baik itu berupa manusia (teman/keluarga) maupun bangsa jin.
    Wassalam

  5. k alau Iblis atau syetan di tangguhkan kematiannya sampai hari kiamat nanti lalu bagaimanakah dengan jin..? jin juga menikah dengan sesama jin kah saja atau bisa juga dengan syetan…? mohon penjelsannya pak
    tks
    wassalam

    • Syetan bukan makhluk, tapi sifat, ada yg berasal dr manusia ada yang dari jin. iblis itu merupakan “bosnya” syetan dari jenis jin yang mengusik nabi adam dulu.

  6. Assalamualaikum, Wr. Wb..

    Mau tanya nih, Mas.. Dirumah saya, anggota keluarga saya yg lain sering sekali melihat penampakan yg menyerupai saya.. Entah itu di dapur, kamar mandi, bahkan dkamar saya.. Pdhl bukan saya..
    Nah, anak saya yg berumur 2 thn juga kalau tidur malam selalu menangis dan tidak tenang tidurnya..

    Kakak saya cerita, dulu temannya pernah pergi ke suatu tempat dan ternyata ada makhluk yg menumpang ikut, dtg kerumah dan menetap.. Sering sekali kemudian menyerupai dirinya.. Itupun ketahuan krn di ruqyah, dan syetannya menolak pergi sehingga akhirnya dibacakan ayat2 baru hilang..

    Apakah mungkin saya juga seperti kasus diatas? Kalaupun iya, apakah seharusnya saya di ruqyah juga?

    Terima kasih.
    Wassalamualaikum Wr. Wb

    • wlkmwrwb..
      sudah benar-benar yakin kalau itu penampakan ? maksud sy mba rara pernah liat sendiri ? karena bisa jadi hanya sekedar halusinasi atau perasaan aja..
      Kalaupun sudah benar2 yakin melihat, coba lebih dekat ke Allah dulu, dengan banyak sholat sunnah dan tilawah Quran di rumah. ajak juga anggota keluarga yang lain. karena pada dasarnya jin itu takut dg manusia seperti kisah yang saya tulis di atas. tapi kalau mengganggunya sudah main fisik, bisa coba hub ustadz yang bisa ruqyah.

  7. Ada yg pernah lihat jin, kalau mau lihat jin dan alamnya tidak jauh beda dengan sekarang,dia sama apa yg manusia olah ada seperti pesawat di alam jin juga ada pesawat,tidak jauh tidak beda ,malah sama, bedanya kita gakbisa lihat ,jin yg bisa lihat kita,makanya banyak manusia di permainkan oleh jin seperti kesurupan, itu pun ada yg memerintah,yg memerintah dari golongan manusia yg bisa lihat jin,Sebenarnya jin tidak mau merasuki manusia,kecuali manusia sendiri yg mau, maaf saya bongkar kedok,biasanyakan ada acara di tv,ya sudah aku tidak mau menyambung kata kata ini gak enak, Salam

  8. Sebenarnya kesurupan itu datangnya dari manusia sendiri,bukan dari golongan jin yg mau,melainkan atas perintahnya hati manusia,contoh ada orang yg kena guna guna dan kesurupan,itu dari kalangan manusia yg memerintahkan jin untuk melakukan tersebut,banyak orang minta dari dukun untuk melakukan perbuatan tersebut, ada juga manusia yg hatinya lemah dia melihat tempat yg mana tempat tersebut dia merasakan angker di situlah kesempatan jin untuk masuk,dalam artian manusia memberi peluang buat jin untuk memasuki akhirnya kesurupan ada juga dari kalangan manusia sendiri yg ingin masuk acara seperti dll

  9. Pingback: Iblis, Setan, Jin, Apa bedanya ? | ZeFauze

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s