Hikmah Hari Ini #1


Hari ini baru saja saya merasakan ‘sesuatu’ yang mungkin juga pernah dirasakan beberapa orang sahabat saya. Dulu mungkin tidak terlalu saya perhatikan, tetapi setelah saya rasakan sendiri, saya mulai paham mengapa beberapa sahabat saya dulu bertingkah seperti itu. Rasa yang membuat kita  merasa tidak penting, tidak dibutuhkan, hingga akhirnya menjadi pesimis, dan bahkan mungkin akan pergi menjauh.

Sebenarnya hal ini bukan masalah besar bagi seseorang yang tingkat keimanannya masih ‘normal’. Karena ia akan selalu yakin bahwa ada Allah yang selalu mengawasinya, hanya Allah yang Maha Mengetahui segala amal yang dilakukannya, dan hanya Allah lah sebaik-baik pemberi nilai. Maka yang ia butuhkan bagaimana cara mengekspresikan rasa syukurnya itu agar ia semakin dekat denganNya, bukan sekedar pujian apalagi hanya ucapan terima kasih.

Jadi teringat penggalan-penggalan sirah rasul. Di banyak cerita, rasulullah akan selalu membuat orang-orang di sekitarnya merasa penting, berharga, atau merasa yang paling dicintai rasulullah. Sehingga suatu hari ada seorang sahabat, Amr Bin Ash, yang bertanya, Wahai Rasulullah siapakah orang yang paling engkau cintai saat ini ? Rasulullah menjawab, “asiyah”, kemudian Abu Bakar, Umar, dst. karena khawatir namanya disebut yang ke sekian kalinya, maka ia sudahi pertanyaan itu. Karena tadinya berharap ia termasuk salah satunya yang akan disebut rasul di awal. Tetapi ternyata tidak. Bisa jadi ia orang yang ke 20 atau 50. Tentu saja hal ini karena setiap ia bersama Rasulullah selalu merasa berharga dan merasa yang paling dicintai Rasulullah.

Jadi pesan untuk hari ini : jangan pernah meremehkan orang lain apapun posisi dan jabatannya. Buatlah ia selalu merasa yang paling kita cintai, merasa orang yang paling penting bagi kita, dan yang paling penting buatlah ia selalu merasa bahagia berada di dekat kita.

d(0_0)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s