Sambutan untuk ‘Gema’


Alhamdulillah, segala puji dan keberkahan hanya milik Allah SWT. Atas segala nikmat dan karunia yang diberikan kepada kita semua. Atas segala harapan dan kesempatan yang diberikanNya. Semoga kita dijadikan hamba-hambaNya yang selalu bersyukur. Bersyukur atas nikmat dan bersabar atas ujian yang diberikanNya. Shalawat dan salam juga semoga senantiasa kita curahkan kepada suri teladan kita, manusia paling berpengaruh nomor satu sedunia, rasulullah Muhammad SAW, juga kepada keluarganya, sahabatnya, tabi’in, serta orang-orang  yang selalu memegang teguh sunnah-sunnah nya sampai hari akhir nanti.

GAMAIS ITB sebagai unit kegiatan mahasiswa terbesar dan tersebar di kampus, tentunya membutuhkan sistem kaderisasi yang kompleks, berkelanjutan, dan terintegrasi. Kompleks dalam artian bahwa GAMAIS ITB sebagai lembaga dakwah pusat yang membawahi 36 lembaga dakwah wilayah yang tersebar di berbagai program studi di ITB, memilki jumlah kader yang tidak kurang dari 1000 orang. Sehingga diperlukan tahapan-tahapan kaderisasi yang mungkin jauh berbeda dari unit kegiatan mahasiswa lainnya. Berkelanjutan disini berarti proses dan jenjang kaderisasi yang dilakukan oleh GAMAIS ITB tidak hanya berlangsung selama 1 atau 2 periode saja, tetapi terus berlanjut sampai nilai-nilai islam benar-benar tegak di kampus ganesha. Terintegrasi artinya bahwa kaderisasi yang dilakukan GAMAIS ITB tidak hanya melibatkan satu lembaga saja, tetapi kumpulan dari berbagai lembaga dakwah wilayah yang saling berintegrasi dalam membangun kesatuan visi menuju indonesia madani.

Sebuah cita-cita bersama bagi bangsa kita, memiliki pemuda-pemudi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki kepribadian dan akhlak yang mulia, serta jiwa sosial yang tinggi. Inilah yang menjadi salah satu alasan GAMAIS ITB tetap melakukan proses kaderisasinya. Harapan kami adalah menghasilkan alumni-alumni yang cerdas dalam berbagai sisi, baik itu intelektual, ruhani, maupun sosialnya. Oleh karena itu, setiap tahapan dan jenjang kaderisasi GAMAIS ITB diusahakan untuk tetap dalam koridor dengan tujuan menghasilkan mahasiswa-mahasiswa yang intelek, berakhlak mulia, dan bermanfaat bagi sekitarnya.

Tadhrib amal atau pengkaryaan merupakan salah satu tahapan kaderisasi yang ada di GAMAIS ITB. Berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, tahapan ini memiliki peranan yang cukup penting dan strategis dalam pencapaian profil kader GAMAIS ITB. IQPIDS. Intelek, Qurani, Profesional, Inklusif, Dinamis, dan Sehat. Disini kita tidak hanya belajar, tetapi juga melakukannya. Learning by doing. Mengamalkan ilmu-ilmu yang telah didapat, mencoba untuk terjun langsung ke medan amal yang ada di sekitar. Karena medan perbuatan itu tidak semudah medan kata-kata. Sehingga diharapkan setiap kader bisa mengambil hikmah dan pelajaran sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Dan semua yang didapatkan dari pengkaryaan ini, bisa membentuk mindset baru sehingga menjadi modal awal bagi mereka untuk terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Pada tahun 2011 ini, satu angkatan kader muda GAMAIS 2010 yang berjumlah sekitar 300an orang mendapatkan kesempatan untuk bisa berkarya dalam bidang sosial. Tema yang mungkin sangat sering diusung oleh berbagai LSM. Tapi sekali lagi saya katakan bahwa urgensi dari pengkaryaan ini tidak hanya bersifat eksternal, tetapi juga bagaimana mengubah pola pikir atau cara pandang seseorang terhadap suatu permasalahan. Sehingga dari kegiatan ini akan sangat banyak pembelajaran-pembelajaran yang diperoleh. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa diantara mereka nantinya akan ada yang menjadi pemimpin-pemimpin bangsa di masa depan. Tentunya ini menjadi harapan kita semua bahwa pemimpin-pemimpin di masa depan itu nantinya adalah orang-orang yang memiliki intelektualitas yang memadai, akhlak yang mulia, dan jiwa sosial yang tinggi.

Hari ini kita merencanakan, esok hari kita membangun peradaban. Bersama berubah dan mengubah untuk melompat lebih tinggi !

One thought on “Sambutan untuk ‘Gema’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s