TFT SSDK 2010


Rabu, 21 Juli 2010 jam 22.40 kumulai menggoreskan tinta digital di atas layar LCD 14’ keluaran acer. Wawaw kaka, nggak usah maksa deh.. udah lama nggak nulis sih. Saya memang bukan termasuk tipe orang yang pandai merangkai kata-kata dalam juntaian kalimat-kalimat nan indah membentuk paragraph yang mampu menyihir siapa saja yang membacanya. Apalagi membuat cerita-cerita menakjubkan sekelas William Shakespeare atau Victor Hugo. Jauh..jauh..jauh sekali. Tapi hal ini tidak menjadi pedang(aneh kan diksinya) yang menghalangi saya untuk menulis, karena sebuah tulisan, menurut saya, isi dan maksud yang ingin disampaikan penulislah yang lebih penting, bukan sekedar puitisasi ataupun diksinisme (istilah dari mana ini Beng), walaupun keduanya juga patut untuk diperhitungkan. Saya jadi ingat kata-kata Napoleon Bonaparte, katanya “Saya lebih takut dengan pena seorang penulis daripada 10.000 pasukan tempur” (semoga redaksinya nggak salah, maaf ya om Napo). Kalo saya mah lebih takut dengan yang 10.000 pasukan tempurnya Om, hehe. Sangking pentingnya tulis menulis ini, Rasulullah Muhammad saw juga sangat memperhatikan umatnya untuk bisa baca tulis, beliau mewajibkan kepada para tawanan perang untuk mengajarkan baca tulis kepada  10 anak madinah sebagai syarat pembebasannya. Luar biasa kan ? Rasul kita memang sangat cerdik, brilliant dah. Coba bayangin deh, apa jadinya kalau suatu peradaban tidak meninggalkan sebuah tulisan atau bahkan goresan-goresan sekalipun. Bisa ilang di telan semut kan peradabannya… makanya, mulai sekarang saya mau berlatih menulis, syukur-syukur bisa jadi penulis beneran,  Minimal bisa ngirim suratlah.hehe..

Hari ini lagi-lagi allah memberikan kenikmatan kepada saya yang tidak semua orang bisa mendapatkannya. Betul, Bingo ! (aneh), saya dikasih kesempatan buat ikut Training For Trainee eh Trainer maksudnya. Itu lho, yang kalo disingkat jadi TFT. Lebih tepatnya TFT PMB 2010. Nggak nyangka bisa ikut beginian. Saya aja masih inget nama trainer saya waktu SSDK, Kak Dardiri TI’06. Wah, bayangan saya berarti nanti saya bakalan ngomong kayak beliau selama 2 jam 2 hari. lumayan juga ya, apa aja nanti yang mau dikeluarin. Kalo mati kata bisa gawat nih. Ternyata nggak Cuma sampe disitu, saya lebih tercengang lagi ketika diberitahukan bahwa TFT PMB tahun ini berbeda dengan SSDK tahun lalu, para trainer dituntut untuk bisa memberikan motivasi kepada MaBa 2010 selama 6 jam per hari selama 2 hari. Nah lho ! ces krek dung aww… .tantangan mantap jaya tokcer. Betul juga kata temen saya kalo odol itu harus diteken dulu biar keluar isinya. Kira2 ngomongin apa aja ya selama itu ?? besok baru mau dibahas. Koq saya udah ngantuk sih, dipercepat ah. Kalo TFT yang hari ini, tadi ada 3 sesi dengan 2 pembicara yang dateng. Sesi pertama dan kedua diisi oleh Ibu Melia, katanya boleh dipanggil tante Melia, beliau dosen di TK (Teknik Kimia) ITB. Ternyata banyak juga ya dosen ITB yang jadi trainer. Dari yang beliau sampaikan, Cuma beberapa hal aja yang saya inget.

  1. Setiap trainer disini harus memiliki IPK yang tinggi. Apa itu IPK ?? tenang2, bukan indeks prestasi kumulatif koq. Integritas, Prestasi, dan Komitmen.
  2. Beliau juga memberikan tips ke kami untuk punya banyak teman. Bagaimana caranya ?? dengan 3S, senyum, salam, dan sapa. Kalo AA Gym ada lima ya ditambah dengan sopan dan santun. Kenapa kita harus punya banyak teman ?? karena 70% waktu kita digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain. Dan mayoritas orang gagal dalam kuliah diakibatkan oleh masalah hubungan tersebut.
  3. Beliau juga menyampaikan perbedaan2 antara siswa dan mahasiswa. Mahasiswa itu merupakan insane akademis yang bisa mengembangkan dirinya menjadi masyarakat berkualitas berdasarkan kebenaran ilmiah dan moralitas. Ini yang tertulis di slide Tante Melia.
  4. EQ = Kemampuan menggabungkan secara sadar, pikiran, perasaan, dan tindakan untuk bersahabat dengan diri sendiri dan orang lain. (sampe sekarang juga masih inget soalnya dihafal pake gerakan, coba kalo al-quran dihafalnya kayak gini ya)
  5. 5 kerangka EI : kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi menjadi istimewa, kepekaan terhadap orang lain, dan keterampilansosial.
  6. Selain itu beliau juga menyampaikan  4 gaya kepribadian, kalo di tulisan saya yang dulu2 sekali, namanya pola kepribadian. Itu yang koleris, melankolis, plegmatis, dan sanguine. Tapi sekarang istilahnya beda lagi, koleris = dominant, melankolis = complient, plegmatis = steady, dan sanguine = influencer. Penjelasannya samalah kira2 kayak tulisan di blog saya yang dulu, Cuma pendekatan dan aplikasinya aja yang agak lebih detail. Misalnya kalo kita itu tipe sanguine atau influencer, cocok jadi presenter, penyiar, sales, selebritis, dll.

Kemudian sesi ketiga jam 16.00-17.15 diisi oleh pak wayan dosen FTMD ITB yang nggak suka dengan Undicipliner. Diawal, beliau memulai dengan memberikan perintah kepada kami untuk menyelam ke dasar laut alias relaksasi dengan memejamkan mata selama beberapa menit. Kalo saya sih nggak terlalu berefek, soalnya pas lagi mejem, lagi mikirin sms temen yang nanyain saya ada dimana. Ternyata sms saya yang batalin janji buat ketemu nggak nyampe. Wah nggak serius ente bang ! biarinlah, nanti malem juga saya mejemin mata. Macem-macem yang disampaikan pak wayan tadi, diantaranya tentang bagaimana berpikir konsekuensi, konsekuensi pola emosi, evaluasi keadaan, cara-cara mengendalikan emosi, dan cara-cara mengambil keputusan. Ada yang menarik dari kata-kata beliau tadi, beliau membagi orang dalam 4 kategori.

  1. Orang yang tahu kalau dia tahu
  2. Orang yang tahu kalau dia tidak tahu
  3. Orang yang tidak tahu kalau kalu dia tahu
  4. Orang yang tidak tahu kalau dia tidak tahu

Entah termasuk dalam kategori yang mana saya. Gmana dengan kamu ??

Rabu, 21 juli 2010 jam 11.48 saya akhiri tulisan ini. Ngantuk urang bah  !

Leave a Reply

