Pola Kepribadianmu ?? (Part II)


Baik, kita lanjutkan..

3. Phlegmatis

Orang yang phlegmatis menyenangkan untuk dijadikan kawan. Bisa dibilang antonimnya kholeris yang keras dan menuntut. ia tidak suka mendesak dan tidak suka memerintah. cenderung pemalu dan tidak tidak suka menonjolkan diri. walaupun suka bersosialisasi tapi ia tidak suka jika pusat perhatian ada padanya. ia juga cederung sopan dan punya aturan baik dalam pergaulan.

phlegmatis tidak suka konflik dan pertentangan. suka memberikan dukungan, melayani, dan setuju dengan pendapat orang lain. seorang penengah yang baik dan tidak mudah tersinggung. beda dengan sanguin yang talk aktive dan banyak omong, ia pendengar yang baik dan punya selera humor yang bagus. phlegmatis walaupun senang bersosialisasi cenderung tertutup, hanya bisa mengerjakan satu hal dalam satu waktu tertentu, tidak bisa mengerjakan banyak hal bersamaan. suka dengan pekerjaan yang monoton dan berulang serta tidak variatif.

Phlegmatis sangat baik dalam menyimpan rahasia, juga sangat baik dalam menerima perintah. satu hal yang sulit adalah berkata “tidak” karena ia punya sifat suka menyenangkan orang lain. sehingga sifat tidak tegasnya itu sering dimanfaatkan dan dimanipulasi orang lain. ia juga sering terbujuk untuk membeli sesuatu yang kurang bermanfaat hanya karena ingin menyenangkan orang lain atau menghindari konflik.

Phlegmatis tidak suka sesuatu yang bersifat berubah, suka dengan hal-hal yang oldis, makan di restoran yang sama, berlibur di tempat yang sama dan bersikap sentimental, suka menyimpan foto dan kenangan lama. Kekuatan phlegmatic adalah mudah bergaul, senang menjalanni hidup yang tenang dan dalam kecepatan yang tetap, suka rutinitas, teratur dan efisien. Phlegmatis juga tipe diplomat, ia melihat hal dari berbagai sudut pandang orang lain, sabar, dan humoris. Dengan kesabaran, ketenangan, simpati, dan empatinya ia bisa menjadi pemimpin hebat yang disukai bawahan.

Kelemahan pribadi phlegmatics adalah jika kekuatannya digunakan berlebihan. Orang phlegmatic memilki daerah nyaman (comfort zone) jika ia beraktivitas sebagai individu yang pemalu, lembut, stabil, mantap, manis sentimental, dan penerima. Sehingga kadangkala ia bisa menjadi penakut jika ada situasi yang tidak dikenal, juga bisa menjadi sangat plinplan. Bila diajukan pertanyaan kepadanya, jawabannya bisa dua atau tiga, sebab ia tidak suka membuat kesalahan dan tidak ingin menimbulkan ketidakharmonisan. Ia ingin memberikan jawaban yang ingin didengar oleh si penanya. Phlegmatis juga tipe penonton, kurang aktif dan inisiatif, lebih suka menjadi orang belakang layar. Cenderung mencari selamat takut mendapat malu. Lebih suka diam dan menunggu perintah untuk mengerjakan sesuatu.

2. Melankolis

Melankolis, serius tertutup, tetapi cerdas dan kritis dalam berpikir. Mengerjakan suatu hal lebih tekun dari tipe pribadi yang lain, memahami setahap demi setahap dan menjalani sebagian besar hidupnya dengan berpikir sangat serius. Ia punya kemampuan luar biasa dengan “see behind the scene”, melihat sesuatu dibalik layar dan memahami apa yang sebenarnya sedang tejadi. Ia bisa melihat hal-hal yang tidak bisa dilihat oleh kebanyakan orang karena tingakat ketelitian dan ketajaman analisisnya. Ia individu yang cakap, melakukan perencanaan dan melakukan rencana itu sesuai motonya ‘plan your work and work your plan.

Ia sangat hati-hati, teliti, dan suka curiga. Ia tidak suka membuat kesalahan, cenderung perfeksionis. Ia senang denga hal-hal detil, data, fakta, angka, dan grafik. Semakin detil dan lengkap informasinya, ia semakin suka. Ia suka sangat banyak bertanya. Melankolis itu, menuntut untuk ikut aturan, taat instruksi. Dalam hal otoritas sma seperti phlegmatic tidak suka mendesak dan tidak perlu menjadi pemimpin suatu kelompok.

Melankolis senang berada dalam lingkungan yang ramah dan terbuka, tidak keberatan jika tidak mendapat pujian atas apa yang mereka kerjakan. Ia senang menjadi benar bukan karena merasa lebih baik dari orang lain, tetapi hanya ingin menjadi benar dalam masalah pekerjaan. Setiap pekerjaan yang layak dilakukan , layak untuk dikerjakan dengan sebaik-baiknya. Melankolis juga sangat konsisten, hamper tidak pernah salah dalam menyampaikan detil cerita. Punya perasaan halus, tidak mau menyinggung perasaan orang lain tetapi juga tidak suka disinggung perasaanya. Bila seseorang membuatnya marah dan tidak meminta maaf maka ia akan sulit untuk memaafkan dalam waktu yang lama.

Kekuatan pribadi melankolis, bakat dan kecerdasan, ketelitian dan ketajaman anlisanya, suka melihat hal-hal detil tetapi lemah dalam melihat keseluruhan. Melankolis jarang salah, sebab selalu meneliti ulang, sensitif, dan cenderung tersinggung jika orang langsung menunjukkan kesalahannya. Kuat dalam memegang prinsip dan tekun mengejar cita-cita, lebih mementingkan tugas yang harus dikrjakan daripada diri sendiri.

Kelemahannya, sangat berpusat pada diri sendiri,  karena ia hamppir selalu merasa benar. Kurang fleksibel dalam membangun hubungan interpersonal, sering murung dan berubah temperamen. Jika menemui tantangan dan hambatan cenderung cepat bereaksi negative. Ia juga cenderung dikontrol oleh sikap kritis dan negative, sering disebut si pencari kesalahan. Cenderung melihat hal-hal yang salah daripada yang benar. Melankolis sering bersikap kaku, suka berteori, cenderung enggan bersosialisasi. Suka melindungi diri sendiri, tidak mau mengambil risiko karena ada kemungkinan gagal. Melankolis juga sangat pendendam, jika ingin membalas perlakuan orang lain, akan sangat sabar menanti saat yang tepat untuk melakukannya.

Gimana ?? klw yang ini ada yang cocok ?? seperti biasalah, setiap kepribadian ada kelebihan dan kekurangannya.

2 thoughts on “Pola Kepribadianmu ?? (Part II)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s