Udah Putusin Aja !


Udah putusin aja

 

Beberapa hari yang lalu saya mendengarkan rekaman bedah buku Udah Putusin Aja yang ditulis ustadz Felix Y. Siauw. Pembicaranya ustadz Felix sendiri. Walaupun rakaman radio itu kurang dari satu jam, tapi menurut saya cukup ampuh dan membuat orang penasaran bagi yang mendengarnya. Apalagi untuk ammah. Dari judulnya saja sudah provokatif begitu. Dari situ saya teringat dengan adik-adik saya. Kayaknya bagus nih kalau mereka baca buku ini. Sebelum “terlambat”. Akhirnya saya berniat untuk membeli bukunya. Alhamdulillah hari sabtu kemarin jalan-jalan ke Gramedia bareng soulmate Abul Wafa dan beli buku Udah Putusin Aja. Tadinya mau langsung saya kirim aja ke Lampung. Tapi karena khawatir ada konten yang sulit dipahami, akhirnya saya baca dulu deh bukunya.

Buku dengan tebal 180 halaman itu baru saja saya selesaikan. Termasuk buku yang cukup cepat saya baca. Karena memang cukup menarik. Alasannya sama seperti buku Ruqyah, Seputar Jin dengan tebal sekitar 600 halaman yang saya khatamkan dalam 3 hari, yaitu konten atau topik yang dibahas menarik buat saya, hehe. Namun, buku Sudah Putusin Aja ini tidak hanya menang di konten, tapi layaknya sebuah novel, ia juga menang di gaya bahasa ditambah visualisasi yang “beda” dari buku-buku lainnya. Sebagian besar isi buku ini diambil dari kultwit ustadz Felix sendiri dengan hashtag #udahputusinaja. Dikemas jadi lebih menarik berkat bantuan mba Emeralda Noor Achni sehingga tidak akan bosan membacanya dalam kondisi tidur-tiduran sekalipun.

Diawali dengan surel yang berisi curhat seorang wanita kepada ustadz Felix. Isi surel itu cukup makjleb karena langsung to the point. Dan memang pilihan yang tepat menempatkannya di bagian awal. Dengan membawa konten yang bertema cinta dan dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dicerna plus visualisasi yang menarik, target pasar buku ini pastilah para kaula muda yang sedang dimabuk cinta. Mulai dari yang putih biru, putih abu-abu, sampai yang warna-warni (mahasiswa maksudnya). Bahkan orang tua pun wajib baca buku ini. Terutama pada bagian bagaimana islam memandang cinta dan pernikahan. Ditambah lagi, buku ini tidak hanya sarat dengan dalil-dalil Al Quran dan Al Hadits, tapi juga diselipkan beberapa fakta yang saya rasa mampu membuat para orang tua ketar-ketir jika membacanya.

Selain itu, alasan ustadz Felix memberikan judul buku ini Udah Putusin Aja karena memang sejatinya lebih tepat bagi pelaku pacaran. Mengapa ? Sederhana saja, karena orang yang melakukan aktivitas ini adalah orang yang belum siap menikah. Kalau diberi judul Udah Nikahin Aja, itu masuk pembahasan yang berbeda, mungkin buku yang lain, kata beliau.

Jadi jangan heran, kalau sekarang anda sedang pacaran, membaca buku ini merupakan pukulan yang amat menyakitkan. Pada awalnya mungkin anda akan mengurai berjuta alasan untuk membela apa yang sedang anda lakukan saat ini. Tapi hati manusia itu tidak akan pernah bisa dibohongi. Jangankan yang pacaran, lha saya aja yang jomblo baca buku ini sambil nelen ludah (yaiyalah, hehe). Sebelum membeli buku ini, saya berharap di dalamnya lebih banyak membahas solusi setelah “putus”. Karena kadang agak bingung juga menjelaskan kepada orang lain dengan bahasa yang mudah, apa yang harus dilakukan seseorang ketika rasa cinta sudah tak mampu dibendung padahal belum siap untuk menikah. Nah, beruntung di buku ini juga dibahas dalam Bab Bagi yang Belum Siap dan Udah Putus, Galau Nih ! Gimana Bisa Move On ?. Walaupun menurut saya untuk sebagian orang pasti men-judge masih normatif dan tidak menyelesaikan masalah. Maka harus ada orang yang mengerti untuk berbagi dan membimbingnya. Tidak sekedar mengandalkan buku ini saja.

Overall, intinya buku ini wajib dibaca bagi orang-orang yang kita cintai. Selamat membaca ! :)

7 thoughts on “Udah Putusin Aja !

Leave a Reply

